DIRGAHAYU TABLOID BHINEKA KE 3......Alamat Redaksi Jl.Cempaka 3 No.15 BF/10 Rt.004/014 Perum Bekasi Jaya Indah kelurahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi..Telphone : 021-99441610,081519681610,082114091610
Personil Mahapatih Gajah Mada Band - Generasi Peduli Sejarah Budaya Nusantara Syuting Video Klip dikawah Sikidang Ginung Dieng Riset * Pembuatan Video Klip Di Prasasti Petilasan Sri Aji Jayabaya Syuting Video Klip Di Prasasti Gajah Mada




Kamis, 15 November 2012

Produksi Ramah Lingkungan

SMK Binakarya Mandiri 2 Kota Bekasi



Produksi filterisasi ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan filter-filter gas buang umumnya. Perbedaan yang dimiliki oleh produksi ini dibanding filterisasi gas buang lainnya adalah :


- Produk ini bukan saja meredam kebisingan suara tetapi juga akan mengurangi kandungan yang 
   mengganggu kesehatan lingkungan.

- Filterisasi gas buang melalui beberapa step penyaringan untuk mengurangi kandungan gas yang menganggu 
   kesehatan dan mencemarkan lingkungan hidup.

- Produk filterisasi gas buang ini dibuat sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipindah tempatkan.

Dengan produk ini diharapkan dapat mengurangi kadar kandungan gas buang berupa CO2, CO, NO, SO atau Pb, sehingga ruangan praktikum siswa menjadi lebih sehat dan juga lebih ramah lingkungan. Produk filterisasi yang akan dibuat ini akan digunakan untuk keperluan sendiri yaitu untuk digunakan pada ruangan Workshop otomotif SMK Bina Karya Mandiri 2 Kota Bekasi. Atas usulan dari pejabat CSR PT Toshiba Indonesia maka terbetiklah ide untuk mengatasi pencemaran gas buang yang terjadi diruangan siswa/I berpraktek, untuk mengatasi pencemaran tersebut maka dibuatlah rancangan filterisasi dengan beberapa tahap penyaringan dan treatment. Diharapkan ruangan praktek kerja dan lingkungan sekitar menjadi lebih sehat dan tidak tercemar oleh gas buang yang beracun.

Tujuan pembuatan filterisasi gas buang adalah :

- Produk ini akan digunankan oleh workshop praktek kerja otomotif agar mereduksi kandungan gas buang 
   yang menganggu kesehatan bagi para siswa/I yang sedang melakukan kegiatan belajar diruangan tersebut.

- Produk ini juga diharapkan dapat mereduksi gas buang yang dapat merusak lingkungan hidup, sehingga 
   menjadi ramah lingkungan sekitar workshop.

- Produk ini diharapkan menjadi pelengkap bagi tiap-tiap workshop, baik itu lingkungan workshop sekolah
   ataupun workshop pada umumnya.

- Produk ini diharapkan menjadi pelengkap standar workshop ramah lingkungan

- Produk ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan nilai ekonomi bagi siswa/I dan guru-guru SMK
   BKM 2 Kota Bekasi.

Bentuk dan fungsi bagian-bagian dari filterisasi kerangka atau bracket bisa dibuat dan disesuaikan dengan bentuk ruangan yang akan menggunakannya.

No 1 adalah saluran masuk dari saluran gas buang kenderaan(Muffler/knalpot)kerangkaian filterisasi saluran ini bisa dibuat lebih dari satu saluran seperti gambar tersebut yang terdiri dari 4 saluran yang dilengkapi dengan valve dan valve hanya dibuka apabila salurannya digunakan yaitu dengan memutar handle(pemutar) valve agar membuka dan menutup.

No 2 adalah tabung primer tempat berkumpulnya gas yang berasal dari saluran No 1 pada tabung ini terdapat saluran masuk dan buang untuk air yang berasal dari pompa tekan.Air yang masuk kedalam tabung ini melalui pipa Nozzle atau pipa berlubang sehingga air akan mengabut saat keluar dari Nozzle.

No 3, 4 dan 5 adalah tabung yang dialiri oleh gas buang yang berasal dari tabung No 2, sebagian partikel-partikel dan kalor gas buang yang masuk kedalam ketiga tabung ini telah tereduksi oleh semprotan air dalam tabung No 2 tabung No 3, 4 dan 5 berisi beberapa material yang akan mereduksi kandungan gas CO2, CO, Nox, Sulfur atau lainnya yang sejenis, material yang akan digunakan sebagai filter antara carbon black, pasir silikat atau kapur.

No 6 adalah tabung sekunder atau yang terakhir dari rangkaian filterisasi gas buang yang masuk kdalam tabung ini akan melalui semprotan air yang sama seperti pada tabung No 2, gas buang dari tabung ini akan dengan gaya dorong oleh tekakan gas buang itu sendiri atau bisa juga dengan tambahan blower, dari saluran No 1 dan No 6 diperlukan sambungan dengan bahan fleksibel bisa menggunakan fleksibel hose atau sejenisnya kemudian ujung masing-masing diclamping. (Arief)
....Edisi Ke 4 bulan Februari 2012 - Tabloid Bhineka