DIRGAHAYU TABLOID BHINEKA KE 3......Alamat Redaksi Jl.Cempaka 3 No.15 BF/10 Rt.004/014 Perum Bekasi Jaya Indah kelurahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi..Telphone : 021-99441610,081519681610,082114091610
Personil Mahapatih Gajah Mada Band - Generasi Peduli Sejarah Budaya Nusantara Syuting Video Klip dikawah Sikidang Ginung Dieng Riset * Pembuatan Video Klip Di Prasasti Petilasan Sri Aji Jayabaya Syuting Video Klip Di Prasasti Gajah Mada




Rabu, 06 November 2013

Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang


ORGANISASI Pemuda Pancasila di deklarasikan berdirinya pada 28 Oktober l959 di Jakarta adalah Ikatan Pendukung Ke¬merdekaan Indonesia (IPKI) yang membidani kelahiran organisasi tersebut. IPKI merupakan sayap politik dari para petinggi militer yang masih aktif dalam kedinasan. Tokoh-tokoh pendirinya adalah A. Yani, A.H.Nasution, Gatot Subroto dan masih banyak lagi.Mereka tidak dapat langsung ber¬main di kancah politik, karena memang undang-undang melar¬ang militer aktif melakukan kegiatan politik praktis. IPKI di lahirkan guna mengemban tugas mulia yakni melindungi NKRI dari rongrongan bahaya laten komunis yang kala itu di motori oleh PKI. Setiap gerakan PKI selalu di kontrol dan di bayang-bayangi oleh IPKI. Ketika PKI melakukan manuver poli¬tik dengan mendirikan organisasi Pemuda Rakyat, dengan sigap IPKI mendirikan or¬ganisasi Pemuda Pancasila pada 28 Oktober l959. Sejak awal berdirinya, Pemuda Pan¬casila tidak pernah sepi dari gerakan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pan¬casila sebagai dasar negara. 
Ketika Pancasila dalam ancaman dan hendak di rongrong oleh barisan Pemuda Rakyat beserta kekuatan PKI, dengan sigap kader-kader Pemuda Pancasila tampil seb¬agai perisai penyelamat. Sekitar tahun l965 ketika PKI gencar menelusup di segenap sendi kehidupan masyarakat, kerap berha¬dapan secara fisik dengan anggota Pemuda Pancasila. Sejarah mencatat beberapa kali terjadi bentrokan fisik yang menewaskan anggota organisasi dari kedua belah pihak. Peristiwa gugurnya kader-kader Pemuda Pancasila itu dicatat sebagai peristiwa heroik yang di jadikan api semangat dalam menegakkan panji-panji organisasi.

Menatap Masa Depan 
Sejak berdirinya hingga sampai saat ini, organisasi Pemuda Pancasila berhasil me¬lewati tiga masa sistem pemerintahan, yak¬ni era Orde Lama, era Orde Baru, dan kini era Orde Reformasi. Jika dahulu Pemuda Pancasila di jadikan tangan panjang untuk merambah dunia politik, kini kondisinya sudah berbeda. 
Dalam Mubes VII tahun 2001 di Wisma Kinasih Bogor, di putuskan bahwa Pemuda Pancasila tidak lagi berbentuk OKP (Or¬ganisasi Kepemudaan) namun berubah menjadi Ormas (Organisasi Masyarakat) yang bebas dari segala bentuk permainan politik praktis. Dengan keputusan ini maka  induk organisasi me n c a n a n g k a n suatu kebijakan, para kader Pemu¬da Pancasila ada di mana-mana tapi tidak ke mana-ma¬na dengan jumlah anggota kurang lebih 7.000.000 anggota militan. Arah kegiatan or¬ganisasi lebih di ti¬tikberatkan untuk bergerak di sek¬tor kegiatan sosial kemasyarakatan yang secara lang¬sung menyentuh kepentingan masyarakat hingga ke tingkat basis. Jutaan anggota Pemuda Pancasila yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, eksis dalam dinamika organisasi di tingkat nasional (Majelis Pimpinan Nasional), provinsi (Majelis Pimpinan Wilayah), kota/ kabupaten (Majelis Pimpinan Cabang), ke¬camatan (Pimpinan Anak Cabang), hingga kader di kelurahan sebagai akar rumput atau basis massa terbawah. 
Mereka terwadahi dalam organsiasi yang keber¬agaman : pendidikan, sosial ekonomi, usia, suku ,dan agama. Mulai dari preman hingga tokoh eksekutif, legislatif, pengusaha, to¬koh agama, tokoh pendidikan, semuanya berpadu dalam wadah organisasi Pemuda Pancasila. Ke depan Pemuda Pancasila ha¬rus berani melakukan perubahan dan tidak takut akan perubahan artinya bahwa Pemu¬da Pancasila yang sebelumnya identik dengan kekerasan yang mengedepankan (otot) harus berubah dengan mengede¬pankan otak (pikiran), ide-ide dan strategi-strategi yang cemerlang dalam menjalankan fungsi organisasi sehingga dapat di rasakan man¬faatnya oleh seluruh masyarakat dalam se¬gala aspek kehidupan, menjadikan Pemuda Pancasila yang solid, dan Pemuda Pancas¬ila di jadikan mitra kerja oleh semua komponen baik Pemer¬intah maupun Swasta dengan saling mem¬berikan manfaat atau timbal balik. 
Dalam bidang politik pun, Pemuda Pancasila sadar dan akan ikut berperan dan bertanggung jawab dalam membangun bangsa dan negara dengan mendukung se¬cara penuh para kader-kadernya yang berada diberbagai partai politik dan yang berjuang untuk menjadi anggota legislatif maupun eksekutif dalam mengentaskan penganggu¬, Pemuda Pancasila akan ikut berperan juga bermitra dengan pemerintah dan pen¬gusaha untuk menciptakan lapangan peker¬jaan baru. Dengan semboyan “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang” Pemu¬da Pancasila harus siap dan tidak akan surut dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi baik itu perubahan zaman, politik, sistem pemerintahan, kebijakan pemerintah, globalisasi, maupun penggantian pimpinan nasional (suksesi) sekalipun. 
Dalam menyikapi ini semua maka Pemuda Pancasila akan memperbanyak Lembaga-lembaga yang dapat menyen¬tuh ke masyarakat secara langsung dalam naungannya di antaranya adalah Lembaga Hukum (LPPH), Lembaga Bela Negara (Komando Inti Mahatidana), Lembaga Perempuan (Srikandi), Lembaga Pelajar dan Mahasiswa (Sapma, Koperasi, Lem¬baga Buruh dan Lembaga-lembaga lain¬nya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan dimasyarakat. Pemuda Pancasila ke depan akan mendapat simpati dari masyarakat dan di segani tetapi bukan untuk ditakuti sekaligus mengubah citra negatif terhadap Pamuda Pancasila, hal ini juga dapat di rasakan keberadaan serta manfaat organisasi oleh para kader dan anggotanya. Jangan pernah sekali-sekali kita bertanya apa yang pemuda pancasila dapat berikan,tapi tanyalah apa yang dapat kita berikan kepada pemuda pancasila. 

Ikrar Pemuda Pancasila : 
  1. Bertanah Air satu, Tanah Air Indonesia 
  2. Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia 
  3. Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia 
  4. Berideologi satu, Ideologi Pancasila 

Jabang Setra/Edwin RN/Bermando  By Admin : Iwan Setia L Niman